Minggu, 17 November 2013

Prinsip Kerja Motor Bakar Bensin

           Motor bensin termasuk ke dalam jenis motor bakar torak. Proses pembakaran 
bahan bakar dan udara di dalam silinder (internal combustion engine). Motor bakar
bensin dilengkapi dengan busi dan karburator yang membedakanya dengan motor diesel.
Busi berfungsi untuk membakar campuran udara-bensin yang telah dimampatkan dengan jalan memberi loncatan api listrik diantara kedua elektrodanya. Karena itu motor bensin dinamai  dengan spark ignitions. Sedangkan karburator adalah tempat bercampurnya udara dan bensin. Campuran tersebut kemudian masuk ke dalam silinder yang dinyalakan oleh loncatan bunga api listrik dari busi menjelang akhir langkah kompresi. 
Motor bakar bensin bekerja dengan sitem pembakaran dalam, dimana proses pembakaran terjadi di dalam ruang bakar yang disebut dengan silinder. Silinder dilengkapi satu torak atau piston dan dua katup (katup masuk dan katup keluar). Pembakaran di ruang bakar di dalam silinder pada motor bensin dapat berlangsung apabila ketiga syarat pembakaran terpenuhi, yaitu: bahan bakar (bensin), udara (oksigen), dan suhu yang cukup tinggi untuk memulai pembakaran.
Suhu yang cukup tinggi untuk memulai pembakaran pada motor bensin diperoleh dari percikan atau loncatan bunga api listrik (spark) pada busi (spark plug). Bunga api listrik dihasilkan oleh sistem penyalaan listrik (ignition system) berupa unit alat penyala listrik (ignition unit), yaitu busi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar